Menikmati Pagi Ala Penduduk Desa di Joglo Pari Sewu

Categories Piknik0 Comments

Saat Jogja panas-panasnya beberapa hari lalu ada tawaran sarapan bareng, tapi di suruh bawa baju ganti untuk berenang. Tapi di kali. Kamu bakal gimana? Kalau Aku sih ambil! Kapan lagi jeguran bebas di kali sambil mainan batu?

Dua puluh tahun lalu, kali-kali di Jogja khusunya di Sleman masih digunakan untuk mandi, mencuci, dan buang air. Saat itu juga, aku pernah mandi di kali. Tapi, baru terjun dari jembatan 2 x udah dijemput mama suruh pulang. Duh, mau bandel aja susah.

Kamu pernah mandi di kali?

Ceritanya, Aku diajakin Tim Jogjaku buat icip-icip menu all you can eat di Joglo Pari Sewu. Resto yang jaraknya lumayan untuk membelah ring road kalau dari kostku. Waktu itu kami janjian ketemu di Stadion Maguwo barulah bersama ke sana. Cukup 11 menit dari Stadion Maguwoharjo-Joglo Parisewu menggunakan mobil/motor.

Jam 08.00 Kami tiba di sana, hal pertama yang ku lihat adalah spanduk, bertuliskan 25K sarapan all you cat eat gratis berenang jam 06.00-09.00 WIB. Otomatis, langsung lihatin perut, sambil gumam-muat gak ya? Pokoknya saat itu ngekor aja sama Tim Jogjaku. Namanya juga makmum. Restonya gak seberapa luas. Tapi halamannya… Hem, lumayan deh kalau mau dipakai seratus orang beraktivitas di sana. Apalagi kalau sebagian jeguran di kali.

Awalnya bener-bener tidak pernah menyangka, ada resto yang ndelesep di pinggir sawah tapi disampingnya ada kali yang masih bersih. Pohon-pohon besar dan rumpun bambu masih mendominasi banataran kali. Aliran sungai pun jadi musik alami yang membuat aku jadi lebih rileks. Udara masih segar. Bener-bener masih bisa merasakan Sleman kaya 20 tahun lalu.

Resto yang menawarkan masakan ala deso ini juga membuat rumah-rumah pohon di halaman belakang. Rumah pohon itu muat kalau diisi 20-30 orang. Tapi aku memilih duduk pinggir kali di bawah rindangnya pohon trembesi. Rasanya gak pengen pulang. Semilir angin berhasil membuaiku pagi itu. Tak beberapa lama, sarapanku datang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JOGJAKU (@jogjaku) on

Jangan ngebayangin kalau aku langsung makan.
Namanya liputan pasti foto makanan dulu, kalau udah jelek dan pudar pesonanya barulah aku tega menyantapnya.

Saat perut sudah terisi jam tanganku sudah menunjukkan jam 09.30. Matahari mulai menunggi, buru-burulah aku ke kamar mandi. Bangunan yang mirip dengan kamar mandi darurat. Dinding dan pintunya terbuat dari semacam galfalum. Ada dua ruangan, satu untuk mandi dan satunya untuk WC. Lantainya terbuat dari batu alam.

Taraaa… aku siap berenang.
Jangan heran meski di kali aku tetep berenang pakai baju renang. Hahaha.
Bukan untuk bergaya, tapi ya agar nyaman saat beraktivitas di air.

Nah, karena di Joglo Pari Sewu ini juga menyewakan bebek-bebekan atau bahasa kerenya floating boat jadi wajib aku coba untuk foto ala-ala. Pasnya kebutuhan liputan, sih. Harga sewanya 40 ribu sepuasnya bonus foto di omah boneka. Selebihnya, Aku slulup dan jeguran sepuasnya.

 

Terakhir, Pesan dari Dek Ale kalau kamu ingin berenang di sini,

  1. Pastikan kulitmu bukan kulit sensitif. Bagaimana pun juga, ini air kali, gaess.
  2. Bawalah peralatan mandi yang lengkap.
  3. Kedalaman sungai dari 50cm – 2m. Jadi, kalau kamu belum pandai-pandai berenang jangan mencoba-coba merapat ke sisi barat.
  4. Arus di sungai ini saat debit tinggi lumayan deras, selalu awasi anak-anak yang ikut berenang.
  5. Alternatif lain, bermain di aliran kali yang bawah sambil main bebatuan dapat mengurangi risiko tenggelam. Jangan lena juga, sebab risiko terpeleset lalu terbentur batu bisa saja terjadi.
  6. Selalu waspada dan hati-hati mandi di kali.

 

Matahari hampir di atas kepala. Artinya aku harus melanjutkan aktivitas. Baiklah. Pagi ini cukup mengembalikan romantisme Selman 20an tahun lalu. Sleman yang masih desa dan asri. Belum banyak mall apa lagi hotel-hotel yang tinggi. Setidaknya kembali mengawali hari dengan cara yang lebih tenang bisa ku lakukan di sini. Ya, mengawali hari seperti orang desa. Sarapan dan mandi di kali.

 

Info Penting

Joglo Pari Sewu
Bromonilan RT 008 RW 003, Purwomartani, Kalasan
0815 4500 6500 (khusus media)
0822 5544 4194 (reservasi)
instagram Jogloparisewu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image